Thursday, May 14, 2015

Manfaat Kopi Untuk Masker Wajah

Kopigayo.co - Manfaat Kopi Untuk Masker Wajah - Apa Manfaat Bubuk Kopi Untuk Wajah ? Mengawali pagi dengan secangkir kopi mungkin sudah menjadi sebuah hal biasa bagi anda. Akan tetapi, tahukah anda manfaat kopi untuk wajah ?. Sebagian orang telah mengetahui informasi ini dan telah menjadikan bubuk kopi sebagai salah satu bahan wajib dalam perawatan kulitnya. Namun sebagian lainnya masih merasa baru dengan metode facial semacam ini.

Pada dasarnya, sumber makanan alami yang telah lama dikenal dimasyarakat secara turun temurun seperti teh, ginseng, jahe dan bahan-bahan lainnya memiliki kemampuan untuk memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh. Hanya saja tentang kadar dan ukuran zat yang dikandung didalamnya berbeda-beda. 

Manfaat kopi untuk wajah


Kopi yang bermanfaat untuk perawatan wajah dan kulit ini tidak serta merta digunakan pada pemakaian luar seperti dijadikan masker atau lulur. Akan tetapi penggunaan kopi dengan dikonsumsi juga memiliki manfaat perawatan kulit baik wajah maupun kulit tubuh secara keseluruhan.

Konteks pembicaraan manfaat kopi kali ini tidak termasuk kopi instant yang dijual dengan berbagai merek. Sangat direkomendasikan adalah bubuk kopi murni dengan kualitas baik. Meskipun tidak menggunakan biji kopi premium dengan harga selangit seperti kopi luwak, asalkan bubuk murni insyaAllah juga sudah memiliki manfaat yang optimal. Tentang apakah jenis kopi tersebut tergolong kopi Arabica atau Robusta tidka terlalu menjadi perhatian.


Berikut beberapa fakta mengenai manfaat kopi untuk perawatan dan kesehatan wajah :

Mengandung zat Anti-oksidan 

Kopi tidak hanya minuman penyegar yang nikmat diminum dipagi hari, karena ternyata bubuk kopi murni mengandung zat yang bermanfaat untuk tubuh manusia yaitu anti-oksidan diantaranya adalah flavonoid dan polifenol. Kedua zat ini berfungsi mencegah radikal bebas yang menyebabkan efek penuaan dini pada kulit, khususnya kulit wajah. Dengan menjaga kecukupan asupan zat anti-oksidan dalam tubuh dapat membantu mencegah kulit keriput lebih dini.

Mengurangi resiko kanker kulit 

Fakta ini merupakan penelitian terbaru oleh Brigham and Women’s Hospital yang dilansir Womansday menyebutkan bahwa seorang yang setidaknya minum 3 (tiga) cangkir kopi dalam sehari memiliki resiko 20% lebih rendah terserang kanker kulit pada wanita dan 9% pada pria. Hal ini tentunya jika tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

 Berbicara tentang kesehatan kulit, khususnya kulit wajah juga tidak terlepas dari berbagai zat racun sisa makanan atau yang ada pada makanan itu sendiri. Zat-zat yang ada dalam kopi menjadikan minuman ini bersifat diuretik yakni mendorong seseorang untuk dapat mengeluarkan racun-racun yang tersisa didalam tubuh ikut keluar bersamaan dengan proses urinasi/kencing sekaligus memudahkan seseorang untuk buang air besar (BAB).
Buang air besar lancar merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan jerawat. Karena disadari atau tidak, seseorang dengan jerawat parah/meradang memiliki kecenderungan buang air besar yang tidak teratur dan bahkan tidak jarang megalami sembelit.

Masker Kopi 

Masker kopi diperkenalkan oleh para praktisi perawatan wajah atau facial dan berbagai layanan ‘skin care’ untuk menjaga pH tubuh agar tetap normal serta menjaga kesehatan dengan mencegah berbagai perkembangan bakteri yang mungkin ada pada kulit. Masker ini disebut cocok untuk berbagai jenis kulit.

Scrub kopi 

Selain dijadikan sebagai masker, kopi juga bisa dijadikan sebagai 'scrub’ dengan tujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang mungkin saja masih tertinggal pada kulit (wajah khususnya). Dengan terangkatnya sel kulit mati pada wajah diharapkan wajah lebih halus dan lembut dan tidak bersisik serta mengurangi resiko munculnya jerawat karena kotoran yang disebabkan oleh polutan.

Itulah beberapa fakta manfaat kopi untuk wajah agar lebih sehat dan segar. Meskipun pemaparan diatas seputar kesehatan kulit, namun berhubungan erat dengan sistem metabolisme tubuh lainnya.
Hanya saja, yang perlu menjadi catatan adalah bagi seseorang yang mengalami keluhan susah tidur dimalam hari sebaiknya tidak meminum kopi beberapa saat menjelang waktu tidur. Karena kandungan kafein dalam kopi mampu memberikan efek senantiasa terjaga dalam tubuh, hal itu tentunya menjadikan seseorang lebih tahan untuk tidak tidur dalam beberapa waktu sesuai respon masing-masing orang yang berbeda antara satu sama lain.

No comments:

Post a Comment